Apa itu KAIZEN?

Awalnya,, baca baca komentar dari responden penelitian, kemudian menemukan komentar yang menyebutkan istilah asing (belum pernah saya dengar sebelumnya). Istilah itu adalah “KAIZEN” nama yang keren dan sepertinya yoi banget. Karena penasaran saya tinggi akhirnya cari tahu, apa itu KAIZEN.

KAIZEN adalah sebuah sistem perbaikan terus menerus pada kualitas, teknologi, proses, budaya perusahaan, produktifitas, keamanan, dan kepemimpinan. Kata kaizen itu sendiri berasal dari bahasa Jepang yang artinya “continuous improvement”. Dalam sistem ini, semua pegawai terlibat, dari manajemen tingkat atas sampai OB. Sistem ini mendorong semua orang untuk memberikan masukan secara berkala, tidak terbatas sekali dalam periode waktu tertentu, tapi terus menerus, seperti yang telah diterapkan oleh perusahaan besar seperti Toyota dan Canon. Filosofi yang indah terdapat pada Kaizen :

“do it better, make it better, improve it even if it isn’t broken, because if we don’t, we can’t compete with those who do.”

Kaizen merupakan sebuah proses yang, jika dilakukan dengan benar, akan memanusiakan tempat kerja, menghilangkan tekanan kerja keras, dan mengajarkan orang bagaimana melakukan eksperimen pada pekerjaan mereka dengan menggunakan metode ilmiah dan cara belajar untuk menemukan dan menghilangkan pemborosan dalam proses bisnis. Lalu seperti apakah Kaizen tersebut? Kurang lebih seperti ini:

KAIZEN mindset:

  1. Everything can and should be improved
  2. Not a single day should go by without some kind of improvement being made somewhere in the company
  3. Imagine the ideal customer experience and strive to provide it
  4. Don’t criticize, suggest an improvement
  5. Think of how to improve it instead of why it can’t be improved
  6. Think beyond common sense, even if something is working, try to find the ways to make it work even better
  7. See the problem solving as cross-functional systemic and collaborative approach

Buat temen temen yang penasaran juga silahkan googling lebih lanjut ya, maaf hanya menuliskan sekilas 😀 hehehe. Biar rasa penasaran kalian membuncah.

Referensi: #1 #2

One thought on “Apa itu KAIZEN?

Leave a comment