Mulai dari Diri Sendiri, untuk Dunia yang Lebih Baik

 Mungkin banyak dari kita yang tak sadar bahwa terlalu banyak waktu, tenaga, dan pikiran yang kita gunakan untuk sesuatu di luar diri kita. Bahkan mungkin terlalu banyak energi dan potensi kita gunakan untuk memikirkan kesalahan, keburukan, maupun kelalaian orang lain. Namun, ternyata sikap yang kita anggap sebagai kebaikan itu tidak efektif untuk memperbaiki apa yang kita anggap salah.

Tidak sedikit dari kita menginginkan perubahan pada orang lain, namun tak kunjung terwujud. Ingin mengubah Indonesia, mengubah lingkungan, atau diri sendiri saja mungkin belum bisa. Akan lebih baik mulai saat ini kita memikirkan diri sendiri terlebih dahulu. Sebelum kita beranjak memikirkan orang lain, bukan berarti egois, namun seperti yang dibilang orang bijak “Selesaikan lah urusan dengan dirimu sendiri, sebelum kau menyelesaikan urusan orang lain”.

Memikirkan diri sendiri, justru sebagai usaha kita secara sadar dan sungguh sungguh untuk memberbaiki yang lebih luas. Hal ini sejalan dengan perumpaan, seperti kita membangun fondasi untuk membuat rumah. Apalah artinya kita memikirkan dinding, memikirkan genteng, memikirkan tiang  sehebat apapun, kalau fondasinya tidak pernah kita bangun.

Mengubah diri dengan sadar, sebenarnya sama dengan mengubah orang lain.

Mari kita bangkit membangun bangsa ini, dimulai dari diri kita sendiri. Benahi diri kita dengan baik sampai kita benar benar dapat mengontrol diri kita sendiri.

*Insipirasi dari tausiyah AaGym.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s