Tugas Akhir.. Semangat Donk!!!

semangat1Ketika anda sedang menjalani masa masa tugas akhir. mungkin yang akan terbayang pada benak anda adalah rasa gelisah, mengerikan, masa yang menegangkan. Dari banyak kabar dan cerita, tugas akhir merupakan momok yang paling mengerikan selama masa kuliah. Benarkah itu?? Jawabannya tidak, selama anda bisa menikmati masa masa itu dengan baik. Ga usah stres, klo ternyata penat sudah mulai datang, tendang jauh jauh penat itu. Penulis sudah mengalami masa masa yang cukup penat. Padahal baru awal mulai, judul ditolak, topik diganti, cakupan yang diperluas, ekspektasi pembimbing yang meningkat, dan tantangan tantangan lain dari pembimbing tugas akhir.. Penat sih, pusing sih, bosen juga baca paper mulu.. Hampir tiap hari baca paper, bikin resume, bisa dibayangkan betapa mengerikan hidup ini.. hahaha tapi tidak demikian, selama anda bisa menikmatinya, semua akan terasa indah di awal, di tengah maupun di akhirnya.

Salah satu tips yang bisa anda coba adalah, berikan hak untuk diri anda. Kenali diri anda, jangan paksa diri anda terus menerus. Lakukan hal yang menyenangkan seperti tidur (#ops…) makan yang enak enak (#ops…) mendengarkan musik, nonton film, jalan jalan, olah raga, maen musik, tertawa, dan masih banyak lagi. Itu semua sesuai minat dan kesukaan anda yang penting anda lupakan sejenak beban dan stres yang melanda dan berikan hak untuk tubuh anda. Ya terbukti semangat akan kembali. Karena tantangan paling dahsyat dalam mengerjakan tugas akhir adalah “Turunnya Semangat” terbukti hampir 80% mahasiswa mengalami hal demikian. jadi, ketika semangat turun, ingat lagi tujuan anda, untuk apa anda mengambil tugas akhir, untuk siapa hasil dari kerja keras anda nantinya, dan ingat waktu anda. Jangan lupa, rencanakan waktu berlibur bersama teman teman.. tamasua (bagi anda yang suka jalan jalan). Oke, jadi tidak ada alasan lagi untuk hilang semangat, lelah, maupun gagal dalam mengerjakan tugas akhir.. semangat!!

3 thoughts on “Tugas Akhir.. Semangat Donk!!!

  1. yoi.. klo udah kelar TA nya bakal dibagi tips nya.. hehehe.. gapapa kok, bisa di coba lagi. lebih baik menjalani karya dan ide sendiri..😀 jadi, bikin lagi donk ide yang lebih kreatif..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s