Teknologi, Membawa Kebaikan atau Keburukan?

teknologi

teknologi

Perdebatan yang menyenangkan siang ini, terkait dengan pemanfaatan teknologi dan hubungannya dengan terorisme (tindak kejahatan) yang masih hangat di perbincangkan oleh masyarakat..

Sejak beberapa tahun yang lalu, teknologi sudah berkembang dan banyak digunakan di berbagai kalangan, pihak yang menggunakannya untuk tujuan kebaikan seperti pendidikan, pengembangan ilmu pengetahuan, riset dan sebagainya serta ada pula yang menggunakan teknologi untuk tindak kriminal seperti misalnya terorisme, pencurian data, dan sebagainya. Tentunya, manusia melihat suatu hal yang buruk, janggal kemudian mengembangkan sebuah teknologi yang diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan yang dilihat, namun di satu sisi, ada pula manusia yang sangat suka berbuat sebaliknya, memanfaatkan / merusak teknologi yang telah dibuat untuk kepuasan diri maupun untuk melakukan tindak kriminal.

Banyak kita lihat kasus kejahatan beberapa tahun yang lalu, berhasil terencana dengan baik dan sukses dalam eksekusi, salah satunya dikarenakan oleh dukungan teknologi. Teknologi untuk berkomunikasi, teknologi untuk mendapatkan informasi, maupun teknologi untuk merusak sistem keamanan yang ada. Tidak berbeda dengan hari ini, tindak teror zaman dulu kala sesungguhnya tidak kalah dengan zaman ini, hanya saja saat ini para terorisme / calon terorisme lebih mudah dalam mengakses informasi khususnya ilmu pengetahuan untuk melakukan tindak kriminal (perakitan bom, pemasok bahan peledak, pemasok senjata, dsb).  Sangat di sayangkan jika teknologi yang telah dikembangkan sejak puluhan tahun lalu digunakan untuk hal hal yang tidak baik. Lalu, bagaimana teknologi berperan di masyarakat pada era digital saat ini? bagaimanakah sebaiknya masyarakat menyikapi perkembangan teknologi yang begitu pesat?

Di sisi lain, perkembangan teknologi yang pesat kini sangat menunjang pihak pihak yang baik dalam berbuat kebaikan ( heehehe apa ya berbuat kebaikan itu? ) seperti menebar ilmu pengetahuan, berbagi informasi perkembangan teknologi, berbagi pengalaman, dan memudahkan komunikasi jarak jauh, kapan pun dan dimanapun. Melalui adanya teknologi web 2.0 setiap orang dapat dengan mudah berbagi maupun mendapatkan informasi dan pengetahuan yang diingkan secara murah (bahkan gratis). Ya, yang jelas akses informasi semakin cepat dan semakin mudah (accessibility). Selain itu saat ini sudah cukup banyak channel yang bisa digunakan untuk mengakses informasi maupun pengetahuan yang bermanfaat. Ilmu pengetahuan dapat berkembang dengan cepat karena kecepatan akses informasi. Ya, kecepatan akses informasi memang merupakan suatu hal yang bermanfaat bagi kita, dalam sekejap saja (1 jam misalkan) setelah suatu kejadian berlangsung, kita bisa mendapatkan informasi / beritanya melalui portal berita, situs, social media, dan channel informais lainnya. Bayangkan dengan beberapa tahun yang lalu. kita baru bisa mengetahui informasi / kejadian paling cepat 1 hari setelahnya itupun melalui media yang sangat terbatas (koran / televisi / radio). Di satu sisi kita bisa memandang bahwa kecepatan akses informasi tersebut baik, namun apakah manusia (pengguna) sudah siap dengan munculnya information overload? Apakah mereka bisa memfilter informasi yang benar benar dibutuhkan dan yang tidak? memilah informasi yang benar dan yang salah?

Namun, di setiap kejadian pasti dapat diambil hikmahnya.. Contoh saja, ketika ada suatu pencurian yang berhasil membodohi teknologi pengamanan. Maka spontan saja, para pengembang teknologi keamanan pasti akan melakukan inovasi dan perbaikan terhadap teknologi yang dimilikinya, sehingga sistem keamanan pun semakin membaik dari masa ke masa. Begitu pula dengan teknologi mobile phone saat ini, teknologi yang sudah lama kini digantikan dengan touch screen, yang sangat memudahkan manusia dalam berinteraksi dengan gadget nya.

Semakin canggih teknologi tersebut, semakin banyak pula manfaat dan kegunaannya. Namun akan digunakan untuk kebaikan atau untuk kejahatan itu semua tergantung pada manusianya. Tidak dapat dipungkiri, bahwa pasti akan selalu ada pihak baik yang berusaha memberantas kejahatan dan ada pihak jahat yang berusaha mengalahkan kebaikan. Bahkan jika kita lihat teknologi ini bagaikan pedang bermata dua, ya anda dapat menggunakannya sesuai keinginan anda dan untuk tujuan yang anda inginkan.

Kita semua berharap dapat tinggal di lingkungan yang nyaman, mudah akses teknologi, dan yang pasti damai dan aman. Semoga dengan adanya teknologi yang berkembang pesat, dunia akan menjadi semakin baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s