Hampir Sehari Semalam

Pernah melakukan perjalanan hampir sehari semalam? Ya, selamat untuk anda jika pernah melakukannya… Karena mungkin jika anda pernah melakukannya, anda tidak akan pernah lagi ingin  melakukannya. Perjalanan hampir sehari semalam bersama jutaan pemudik dari jawa ke Jakarta. Mungkin jika berkendara menggunakan mobil atau kendaraan bak tertutup akan sedikit lebih nyaman. Namun, bagaimana jika anda berkendara menggunakan sepeda motor?

Awalnya hanya berniat untuk “mencoba”, mumpung masih muda dan kebetulan ada teman yang minta ditemani. Padahal saya sudah beli tiket kereta, seharga 300rb dan harus menjualnya. Berangkat pagi pukul 2 dini hari hingga tiba di Jakarta pukul 22.00, melewati 5 waktu shalat, mengalami 2 cuaca panas dingin.. dari jawa terasa dingin sekali, hingga di pantura cuaca berubah menjadi sangat panas, berjuang bersama jutaan pemudik, berjalan merayap di tengah padatnya kendaraan.. Yap, mungkin ini pengalaman cukup sekali saja ya seumur hidup.. ga lagi deh ngulangin demikian.

Yang ada di benak saya, dan membuat saya berfikir saat ituu adalah,

  • Dunia saja panasnya seperti ini, bagaimana dengan neraka?
  • Betapa rakyat ini harus bersusah payah untuk pulang dan kembali ke kampung halaman, besar pula biaya yang dikeluarkan tentunya.
  • Jika ada kendaraan segitu banyak yang menuju Jakarta setiap tahunnya, sepenuh apakah Jakarta saat ini ya? itu baru dari jawa, belum ditambah penduduk jawa barat dan jakarta dan sumatera.
  • Untuk satu event mudik lebaran saja bisa menghabiskan bahan bakar segitu banyak sampai sampai di pom ngantre buanyak sekali. jika hal tersebut tidak terjadi, mungkinkah ada penghematan bahan bakar? Bagaimana jika pemerintah memfasilitasi kendaraan umum? bukankah lebih baik?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s