Bercanda itu Penting, Apalagi Tertawa, tapi …

Setiap orang tidak lepas dari canda, dan canda itu memang dibutuhkan. Untuk membantu terwujudnya aktifitas yang bermanfaat. Saat bekerja, canda dapat menghilangkan rasa penat, mengusir rasa lelah, dan kembali menyegarkan pikiran. Canda juga mampu mencairkan suasana yang kaku. Namun, canda tersebut haruslah diperhatikan batasan batasannya, berikut merupakan peringatan bagi kita yang berkaitan dengan bercanda.. Silahkan disimak:

Tidak boleh becanda dengan dusta, berbohong tetap dianggap berdosa meskipun hanya untuk bercanda. Bahkan Nabi memberikan ancaman khusus tentang hal ini,

“Celakalah orang yang berbicara dusta dengan maksud agar orang orang tertawa karenanya, celakalah ia, celakalah ia.” (HR.Abu Dawud)

Tidak boleh bersenda gurau yang mengandung pelecehan terhadap Allah,

“Katakanlah:’Apakah dengan Alah, ayat-ayatNya dan RasulNya kamu selalul berlok-olok?’ Tidak usah kamu minta maaf, karena kamu kafir sesudah beriman.” (QS.At Taubah:65-66)

Tidak boleh berkelakar yang mengandung unsur penghinaan dan ghibah terhadap saudaranya, baik dalam bentuk ucapan maupun menirukan dengan anggota badan dengan tujaun melecehkan, meskipun dengan alasan bercanda.

Tidak boleh bercanda yang membahayakan nyawa, atau menakut-nakuti saudaranya. Seperti mengacungkan senjata kepada saudaranya, menyembunyikan barang berharga milik saudaranya agar di ketakutan dan gelisah.

“Tidak halal seorang muslim menakut-nakuti muslim yang lain.” (HR.Abu Dawud)

Canda hendaknya dilakukan sekedarnya saja. Canda itu ibarat garam bagi makanan, jika terlalu banyak, akan merusak cita rasa.

“Iritlah dalam bercanda, karena terlalu banyak bercanda bisa menjatuhkan wibawa, orang-orang bodohpun akan melecehkanmu.” (Sa’ada bin Abi Waqash)

Kebanyakan canda membuat hati menjadi keras.

“Janganlah kamu terlalu banyak tertawa, karena banyak tertawa itu bisa mematikan hati.” (HR.Tirmidzi)

Dari berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s