Sudahkah Anda Mengenal Diri dan Kepribadian Anda?

Tempo hari saya kembali mendapatkan mater terkait dengan sebuah tes untuk lebih mengenal diri dan kepribadian kita. Sebenarnya materi ini pernah saya dapatkan ketika mengambil mata kuliah manajemen sumber daya manusia dan perilaku organisasi. Ya, tidak ada salahnya jika saya mencoba share info ini untuk teman teman.

Sebagian dari kita merasa sudah nyaman dengan sikap, kepribadian dan keseharian kita. Namun sebagian yang lain ternyata masih banyak pula yang bertanya tanya dan tidak yakin siapa dirinya, seperti apa kepribadian yang sesungguhnya ada pada dirinya. Padahal, survey membuktikan bahwa orang yang sukses berhasil mengenali dirinya sendiri, baik kelemahan maupu kekurangannya sehingga ia mampu mengembangkan potensi dirinya dengan terarah dan mampu menutup kekurangannya dengan kelebihan yang ia miliki. Disinilah sebenarnya mengapa mengenali diri sendiri itu penting.

Nah, ini ada sedikit info agar teman teman bisa melakukan assessment terhadap kepribadian, dalam rangka mengenal diri kalian. Tes yang bisa kalian coba adalah milik Myers-Briggs, kata senior saya tes ini menggunakan konsep psikologi yang sangat bagus. Coba buka link berikut:

http://www.humanmetrics.com/cgi-win/JTypes2.asp

http://similarminds.com/cgi-bin/newmb.pl

Tesnya gratis, jadi ga ada salahnya di coba. Untuk penjelasan dari hasil tes tersebut kalian bisa lihat di  http://www.personalitypage.com/html/portraits.html dari sini kita bisa mendapatkan arahan untuk karir, personal growth, relationship, dll.

Kalimat berikut dikutip dari senior saya yang baik hati dan tidak sombong dan sering memberikan inspirasi tanpa kenal lelah,

———-

Penjelasan ttg Myers-Briggs, dan tambahan penjelasan ttg masing2 tipe psikologi yg jg sangat komprehensif:
http://en.wikipedia.org/wiki/Myers-Briggs_Type_Indicator
Di halaman wiki itu jg ada penjelasan tentang masing-masing tipe:
http://en.wikipedia.org/wiki/Myers-Briggs_Type_Indicator#Type_dynamics_and_development

Nah, rupanya Myers-Briggs concept ini konon kabarnya ada korelasinya dgn konsep psikologi lainnya yg bernama Keirsey Temperaments, jadi kalau mau penjelasan tambahan lagi tentang karakter kalian, bisa lihat korelasi masing-masing di:
http://en.wikipedia.org/wiki/Myers-Briggs_Type_Indicator#Keirsey_temperaments

Selain Myers-Briggs, personality type lain yang saya rasa cukup akurat adalah Japanese Blood Type Personality. Ada lagi yg lebih klasik, Four Tempraments (tempat tesnya di sini), tapi ini tidak sebaik Myers-Briggs. Silakan dibaca utk menambah referensi.

———-

Nah, itu dia beberapa info yang mungkin bisa bermanfaat untuk teman teman sekalian. Semoga bermanfaat dan silahkan disebarkan jika diperlukan.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s