Prasangka Persepsi Asumsi

Hidup di dunia ini memang penuh dengan keterbatasan, banyak hal yang kita tidak ketahui dan tidak sedikit dari kita ingin mengetahui segala hal. Namun, kenyataannya memang kita tidak mampu mengetahui segalanya.

Prasangka, Persepsi, dan Asumsi merupakan tindakan seseorang yang mencoba memahami  sesuatu dari sudut pandangnya. Teman saya pernah menasihati saya, “dont judge if you dont know“. Sebuah kalimat singkat yang meminta agar saya tidak dengan mudah membuat prasangka, persepsi atau asumsi terhadap seseorang. Persepsi dan prasangka yang keliru terkadang mampu menimbulkan fitnah, yang mana akan merugikan pihak lain Sebaiknya hal ini kita hindari. Hal ini pula yang membuat saya tidak begitu mempedulikan, akan seperti apa orang mempersepsikan saya, akan seperti apa prasangka orang terhadap saya, dan bagaimana orang mengasumsikan diri saya. Hal ini lah yang membuat saya lepas, Biarlah apa kata orang, selama kita berbuat baik dan kita menjadi diri kita sendiri, pasti persepsi dan prasangka orang akan baik. Insya Allah

Namun, di lain sisi, persepsi prasangka dan asumsi orang akan sangat baik jika kita jadikan sebagai bahan evaluasi diri. Memang untuk menilai diri sendiri tidaklah mudah, pun begitu pula untuk menjadi seperti yang diinginkan semua orang tidak lah mudah. Masing masing orang punya preferensi dan ketertarikan dan ketidaksukaan tersendiri, ga mungkin donk kita sibuk mikirin diri kita untuk orang lain? Yang terpenting adalah jadi diri kita sendiri, percaya diri, dan tetap lah pada jalan kebaikan

Janganlah bertingkah dibalik topeng belaka, jujur dan apa adanya, tunjukan jati diri kita.

Minggu pagi di temani oleh seekor kucing lucu di SMP IT NF Depok😀 #gapentingbot

Leave a Reply

