Etos Kerja : Kerja adalah Rahmat

Kerja merupakan sebuah karya manusia, agar lebih berarti, maka kita harus memaknai kerja lebih dari makna sesungguhnya. Jansen Sinamo memperkenalkan konsep etos kerja yang cukup menarik untuk dipahami dan diinternalisasi. Etos kerja ini akan sangat bermanfaat bagi kita dalam memaknai kerja. Seperti yang pertama ini, Kerja adalah rahmat, etos pertama yang diangkat oleh Jansen Sinamo.

Kerja adalah rahmat, merupakan suatu paradigma dan pengakuan bahwa kerja adalah anugerah Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang.

Karena pekerjaan merupakan suatu rahmat, maka sudah selayaknya kita syukuri. Mengapa kerja dapat dikatakan sebagai rahmat? Melalui pekerjaan, sesungguhnya Tuhan memelihara kita, dengan upah kerja  Tuhan memberi kita kecukupan sandang, pangan, meskipun tidak mewah namun cukup. Kedua, melalui bekerja kita mendapatkan faktor plus, tidak sedikit karyawan yang disekolahkan oleh perusahaan dimana ia bekerja, kenaikan pangkat, jabatan, dan masih banyak lagi. Ketiga, keahlian dan kemampuan yang kita gunakan ketika bekerja merupakan rahmat dan anugrah dari Tuhan, dan hal ini harus disyukuri. Keempat, sumber daya yang dimiliki oleh negara kita ini sangat melimpah, kita tinggal mendayagunakan dan menghasilkan sesuatu dari sumber daya yang ada. Kelimpahan ini jika tidak disyukuri, ntah apa yang akan terjadi. Manusia tidak akan pernah puas dengan apa yang dimilikinya. Namun, tahukah anda, siapa yang memberikannya? Tuhan telah memberikan kepada kita secara gratis, dan kita selanjutnya yang mengolah sumber daya tersebut untuk mendapatkan manfaat dan hasilnya. Kelima, pengakuan, penghargaa merupakan buah dari kerja, dimana kita berkenalan dengan orang lain, saling menghargai, saling berkomunikasi. Adanya interaksi sosial ini memberikan pengakuan kepada sesorang atas identitas yang dimiliki.

Jika kita dapat memaknai bahwa kerja adalah rahmat, maka akan menghasilkan dampak yang luar biasa pada diri individu tersebut. Bekerja bukan lagi menjadi beban, bekerja dengan tulus ikhlas dan  bersyukur atas apa yang telah diterimanya terlebih dahulu. Seperti yang diungkapkan Jansen,

Kerja adalah Rahmat, maka Aku Bekerja Tulus Penuh Syukur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s