Berjuang kawan, hingga kelak kita kembali…

Entah apa yang terfikir hingga judul tersebut keluar, yang aku rasakan selama ini hidup itu penuh dengan perjuangan. Sejak bangun pagi, hingga malam menjelang, ada saja yang harus kita perjuangkan. Karena aku sadar bahwa, hanya dengan berpangku tangan apa yang kita inginkan tidak akan terwujud. Satu-persatu, cita dan asa harus kita perjuangkan. Dan kelak, kita akan menuai apa yang kita upayakan.

Malam ini, aku teringat memori lama yang berbicara pada ku, dan sempat menjadi inspirasi bagiku untuk terus maju dan bergerak. Singkat, namun penuh makna, “Wisnu, istirahatnya di surga saja ya, masih banyak yang harus dilakukan.” Sebuah wallpaper yang cukup lama terpajang di dekstop ku beberapa waktu lalu. Dan kini, di saat raga ini letih, jiwa ini lelah, seakan semua letih dan lelah itu berlalu begitu saja ketika aku melihatnya. Aku tersadar, kelak ada tempat peristirahatan yang lebih baik dan kekal..

Sekeras apapun usaha yang kita lakukan, sehebat apapun hasil yang kita dapatkan, jika itu untuk dunia semata, kelak akan hilang, termakan oleh waktu. Namun, jika kita berjuang untuk sesuatu yang lebih daripada dunia. Insya Allah, perjuangan kita tidak akan sia-sia. Awali setiap perbuatan dengan niat dan semangat. Niat untuk beribadah, semoga yang kita lakukan bermanfaat untuk dunia, umat manusia, dan pribadi. Serta semangat, untuk melakukan yang terbaik setiap tugas dan tanggung jawab. Kawan, pujian dan sanjungan manusia hanya semu belaka. Karena kelak kita akan kembali ke rumah yang kita yang sesungguhnya. Bawalah bekal dan oleh-oleh terbaik untuk kampung halaman kita.. Semoga hari esok dan seterusnya semakin baik🙂 aku, kamu, dan kita semua.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s