Tips: For the Single Founder Who Can’t Code

Masalah yang sering kali dihadapi oleh sebagian founder yang ga bisa “Ngoding”. Bergerak di industri startup teknologi memang harus dekat dengan teknologi itu sendiri, baik itu web based, maupun mobile based. Nha, terkadang banyak founder (pendiri ato penemu atau apalah itu) yang ingin menciptakan sebuah startup namun tidak bisa membuatnya sendiri (implementasi agar menjadi sebuah produk, baik dalam bentuk web atau mobile). Ini ada beberapa tips buat founder yang ga bisa coding. Dikembangkan dan direvisi dari Techcrunch

1. Buang Kegelisahan dan Resah Anda
Banyak orang yang ingin membuat startup namun, tidak sedikit pula dari mereka yang mengeluhkan “saya tidak punya kemampuan coding, saya tidak bisa ini itu.” Hal pertama yang harus dilakukan oleh seorang founder, adalah buang semua kegelisahan dan resah anda. Karena ada banyak cara untuk mengatasinya, jika anda punya uang berlebih, anda bisa rekrut orang untuk membuat produk anda. masih ada kesempatan untuk anda.

2. Inspire or Die
Kemampuan yang harus dimiliki, jika anda tidak bisa coding, anda harus belajar dan terus belajar untuk menginspirasi. Dalam perjalanan startup anda, anda harus bisa bertahan dari berbagai rintangan dan permasalahan, dan anda membutuhkan bantuan orang lain. Anda harus dapat meyakinkan orang-orang di sekitar anda sehingga mereka mau mendukung anda, tentunya dalam menjalankan startup. You know you can’t do this alone. You shouldn’t do this alone. And you won’t do this alone.

3. Lebih Mudah Bicara daripada Melakukan
Beberapa pengusaha non-teknis begitu karismatik, persuasif dan mempesona ketika mereka menyampaikan visi kepada orang orang. Namun, akan lebih indah jika anda bersedia membuat produk dengan tangan ini anda sendiri, sehingga orang lain dapat merasakan, mencoba, dan melihat “produk anda”. sadarilah anda tidak akan bisa merasakan bagaimana membuat sebuah produk tanpa mencoba membuatnya sendiri. Dan yang harus anda lakukan sekarang adalah belajar coding (meskipun hanya tahap pemula).

4. Becoming a Builder
Anda masih merasa tidak bisa coding? Ya, liburan nanti rasanya cukup panjang, dan inilah waktu yang tepat bagi anda untuk belajar, belajar membangun startup anda. Tidak ada salahnya anda meluangkan waktu untuk mencoba belajar how to code . Anda dapat menginspirasi orang dengan usaha anda. Setidaknya anda telah memulai dari diri sendiri untuk menjadi pengembang produk anda.

5. Networking
Menjalin relasi merupakan hal yang cukup fundamental jika anda ingin berbisnis. Satu hal yang tidak dapat ditinggalkan, anda harus menjalin relasi sebanyak dan seluas mungkin karena kesempatan datangnya tidak disangka-sangka. Saya seringkali mendapatkan inspirasi dari orang lain. Banyak tips dan saran yang saya dapatkan dari teman dan kenalan saya. Mereka memberikan inspirasi, saran dan informasi yang saya butuhkan untuk mengembangkan startup saya. Inspiration always starts with a relationship.

6. Uang Tidak Dapat Membeli Segalanya
Ketika anda tidak dapat menginspirasi orang untuk bergabung dengan anda, atau membantu anda dalam membangun startup anda. Anda dapat menggunakan uang yang anda miliki, namun saya yakin hal tersebut tidak bekerja dengan baik. Anda bisa membayar orang untuk mengerjakan produk anda. Dan setelah orang bayaran anda selesai mengerjakan, ternyata ada banyak cacat di sana sini terkait produk anda. Dan anda harus membayar orang untuk menyelesaikannya. Begitu seterusnya dan pasti akan terulang muncul berbagai masalah. Sehingga anggaran anda semakin lama semakin membengkak. Cepat atau lambat anda harus menginspirasi orang untuk bergabung dengan anda. Anda membutuhkan partner, anda harus dapat memotivasi rekan satu tim.

7. Hanya ada 1 Jalan Keluar
You have to inspire. Anda bisa belajar coding, anda bisa belajar menjadi desainer dan anda dapat melakukan banyak hal. Namun semua itu hanya sebuah langkah awal untuk mencapai tujuan anda. Yang paling penting dan harus anda lakukan adalah inspiring others to believe in you, your vision and your product. Inspirasi itu harus kuat sehingga mereka bersedia bergabung ke kehidupan anda dan bersama sama berjuang untuk menajalankan startup anda.

Ya, hal tersebut memang susah, dan jarang. Namun semua itu mungkin dilakukan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s