Aku ingin merasakan CANDU itu

Tempo hari, saya melihat foto foto senior saya yang sedang berada di korea. dan kebetulan saat itu dia masih online. Senior yang satu ini tidak seperti senior yang lainnya. Dari banyak sumber yang saya dengar, dia orang yang hobi jalan jalan ke luar negeri, hobi hunting beasiswa, exchange, dan conference di luar negeri.. Wow..

Sebenarnya sudah sejak lama terbersit keinginan dan impian saya untuk pergi keluar negeri, terlebih mengikuti konference internasional di bidang information system.. namun,belum kesampaian. Teringat impian saya itu, kemudian tanpa pikir panjang, saya ajaklah senior saya itu chat. Basa basi dulu nih awalnya, udah lama ga jumpa ya kak..😀 dan akhirnya masuklah ke tujuan utama, menggali informasi dan pengalaman dari dia. Pertanyaan yang terlontar pun biasa laah,, layaknya seseorang yang kepengen keluar negeri, tanya sumber informasi beasiswa, informasi exchange, informasi conference terdekat, dan tips tips agar saya benar2 bisa keluar dari indonesia untuk beberapa waktu😀

“Angga, kamu lulus tahun depan ya?”, tanya dia. “Iya nih mas, tapi klo saya dapet exchange selama 1 semester, saya ikhlas kok menunda kelulusan saya”, jawabku😀 hehehe.. jadi mahasiswa tuh enak sob. beneran deh. Maka dari itu, sesungguhnya saya masih mau betah menjadi mahasiswa. Namun, roda kehidupan terus berjalan dan mau tidak mau kita harus bersiap untuk tingkatan kehidupan yang lebih tinggi. Kemudian saya di minta untuk sesegera mungkin membuat passport. Kata dia nih, cukup banyak beasiswa atau exchange yang meminta nomor passport untuk syarat pendaftaran.

Info dari beliau, event yang paling dekat dan rutin setiap tahunnya adalah IYCF dan IELSP. “Coba aja cari tahu infonya, sekitar bulan Juli biasanya udah dibuka pendaftaran” oke deh! Kemampuan bahasa inggris ga harus jago, yang penting paham, mengerti dan bisa berbicara dengan orang😀 hhehe #alhamdulillah… Selain itu, score TOEFL ternyata tidak menjadi penghalang sesorang untuk pergi keluar negeri, dan beliau telah membuktikannya, #makin mantap lah saya. Untuk latihan, listening kita bisa menuju ke engvid.com atau cari aja di youtube.com dengan keyword “listening toefl practice” pasti banyak yang bermunculan.

Untuk conference dan event ke luar negeri sering kali kita harus mencari donasi dan sponsor. Nha ini nih bagian terpenting juga, ga ada duit, gimana mo berangkat? betul?😀 Tapi kita harus punya prinsip, “No money, no cry” hehehe Alhamdulillah dari beliau dapat tips untuk mencari donasi, ternyata membuat proposal online lebih menguntungkan daripada kita membuat proposal fisik. Saya dirujuk ke website beliau  http://delegasiindonesiaapyc2011.wordpress.com/ dan apa yang saya lihat? di samping melihat konten2 tersebut. saya menemukan CV beliau, dan Woww.. ternyata senior saya ini keren sob. Jadi merasa bahwa apa yang saya lakukan belum ada apa apanya jika dibandingkan dia, makin semangat untuk mengejar target target dan impian saya.. “Saya bisa lebih baik dari dia, I’ll make it better“.

dan terkakhir pesan serta penutup pembicaraan kami,

“Tapi mesti waspada dan hati2 efek samping dari orang yg baru pertama kali ke luar negeri.”

“Lha emang apa efek sampingnya mas?” #sangat penasaran

“Ketagihan pengen ke luar negeri lagi.. hehehe :p”

Hahaha, sial, saya kira apa ternyata efeksampingnya “kecanduan” -.-

Okelah, saya akan menerima dengan senang hati jika efek samping itu membuat saya “kecanduan” dan kali ini

“Aku ingin merasakan CANDU itu…”

Leave a Reply

