Belajar Marketing Plan

Ngomong ngomong tentang marketing nih, pasti ga jauh jauh dari proses menjual. hehehe. tapi menjual itu tidak hanya sekedar menjual, ada seni nya tersendiri. Ga cuma “seni” yang punya seni… hehehe, Klo punya produk, tapi ga bisa marketingnya, gimana mo laku. gimana mo bisa terjual. #kecuali pada kondisi tertentu.. tau lah ya tentunya yang saya maksud ini..😀

Dalam merencanakan pemasaran (marketing plan) ada 6 hal yang harus diperhatikan oleh kawan kawan semuanya:

1. Marketing Objective

Tentukan tujuan dari pemasaran, apa tujuan kamu. Klo kita udah tahu nih mo ngapain, apa yang mo kita jual, apa tujuan kita. Setidaknya akan memudahkan kita untuk menjalani proses selanjutnya dalam bisnis. Ingat yaa RENCANA rencana rencana…

2. Customer Target Segments

Nha, klo mo ngejualin produk ga bisa asal asalah, sayang tenaga, sayang waktu, sayang biaya, kita musti cari tahu dulu nih tujuan consumer kita. Ada banyak segmen yang bisa kita bidik,, kelas bawah, kelas menengah, kelas atas, bis ajuga berdasarkan segmen usia, segmen profesi, dsb.  Ingat, jangan memasarkan produk dengan menutup mata, mesti melihat dengan jelas target kita.

3. Product Offering Deskription

Ya, penting untuk membuat deskripsi dari produk yang kamu tawarkan, semenarik mungkin. Orang akan terpengaruh untuk memakai/membeli produk kamu jika kamu bisa menawarkan dan membuat sesuatu yang biasa menjadi luar biasa.

4. Marketing Research Strategy

Research, sebelum memulai proses pemasraan, alangkah baiknya untuk melakukan research terlebih dahulu. Ada banyak strategi pemasaran yang bisa kamu pilih dan gunakan, tapi sesuaikakn dengan produk atau bisnis yang kamu jalankan..

5. Marketing Mix

Nha, seni selanjutnya adalah setelah menemukan strategy yang tepat, untuk menambah daya gebrak pemasaran produk kamu. Alangkah baiknya kamu melakukan proses marketing mix. Ada 4 element yang perlu diperhatikan dalam marketing mix (product, price, promotion, dan place) Perhatikakn keempat hal tersebut, buatlah strategi marketing yang menyangkut 4element tersebut. Contohnya harga boleh murah tapi kualitas produk juga harus baik, menggunakan iklan untuk promosi tidak ada salahnya bahkan kamu juga dapat memilih channel / lokasi pemasaran yang tepat (tempat dimana banyak target customer kamu)

6. Customer Relatiiionship Management

Nha, ini point terpenting dan yang harus benar benar di perhatikan. Mengutip kata-kata Mahatma Gandhi,

The customer is not the person we do a favor for and serve, but indeed he is doing us a favor and gives us this opportunity to serve him.

Nah, ngerti kan maksudnya? Yaudah ini kurang lebih artinya

Pelanggan penting di dalam bisnis, perusahaan selalu membutuhkan dan tergantung pada mereka, namun mereka tidak pernah menghiraukan perusahaan. Perusahaan selalu bekerja untuk sebuah tujuan, dan tujuannya adalah pelanggan.

Pelanggan itu tantangan perusahaan, bagaimana perusahaan memperoleh perhatian customer.

Yak, kurangnya mohon ditambahkan, lebihnya silahkan diambil saja.. Saya senang berbagi..😀

Cukup banyak sih sebenarnya, semoga bisa lanjut lagi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s